Keputusan pembubaran BP Migas -> keputusan Mahkamah Konstitusi yang paling berpengaruh di tahun ini.

Dampak yang ditimbulkan tidak hanya secara hukum, namun juga secara ekonomi terutama kemungkinan perubahan kontrak migas (minyak dan gas) dengan perusahaan-perusahaan asing. Pembubaran BP Migas ini dapat dikatakan sebagai proses split institution menjadi one integrated-institution, yaitu penggabungan kembali BP Migas ke dalam Pertamina di bawah Kementerian ESDM seperti UU Nomor 8/1971.

Dalam tata kelola migas tahun 1971, Pertamina tidak hanya memiliki izin mengelola migas, namun mengatur kontrak dan menjadi wakil negara. Dengan posisi tersebut Pertamina bertindak sebagai pelaku bisnis dan regulator sekaligus. Hal ini merupakan bentuk efisiensi yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi anggaran negara dibandingkan jika pengelolaan dan regulator berdiri terpisah. Jika dianalisis menggunakan pendekatan hukum, Pasal 33 di dalam UUD 1945 (kuncinya nih..) memberikan ketegasan bahwa seluruh sumber daya alam dikuasai dan dikelola oleh negara secara utuh.

Nah kenyataannya, sumber daya alam di Indonesia termasuk migas, hanya sebagian yang berhasil dikelola dan dikuasai oleh negara, sedangkan perusahaan asing menjadi dominan dalam pengelolaan dari hulu hingga hilir. Hal ini berarti negara harus kembali menegakkan Pasal 33 yang menjadi landasan MK memenangkan gugatan pembubaran BP Migas. Pembubaran BP Migas, jika dilihat dari segi ekonomi, dapat menguntungkan Pertamina. Dipastikan Pertamina akan menjadi pemain utama (monopoli) di dalam pengelolaan migas karena hal ini berkaitan dengan peran tambahan sebagai regulator.

Pertamina dapat membuat kontrak-kontrak baru yang akan menguntungkan dari segi bisnis. Dengan naiknya pendapatan Pertamina maka kontribusi penerimaan migas negara juga akan meningkat. Hal ini sangat berdampak positif bagi rakyat Indonesia. Di tengah keraguan pemerintah untuk menggabungkan fungsi BP Migas ke dalam Pertamina, ada bukti dari berbagai negara yang bisa dijadikan pembanding. Sebut saja Venezuela yang sukses menasionalisasi perusahaanperusahaan minyak asing dengan strategi one integrated-institution penggabungan fungsi regulasi dan bisnis dalam satu lembaga.

Peluang untuk mengelola migas secara efisien dan profitable bagi rakyat Indonesia terbuka di depan mata, tinggal bergantung pada sikap pemerintah dalam memperjuangkan kedaulatan energi secara penuh dan konsisten.

About these ads
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Post navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

KAMMI Komisariat Djuanda

"Sejarah telah membuktikan peranan pemuda atau mahasiswa begitu penting dalam menggagas sebuah perubahan dalam suatu negara"

prof. alqaan

berkarya dan berbagi

Live to Write - Write to Live

Professional writers talk about the craft and business of writing

The Thesis Whisperer

Just like the horse whisperer - but with more pages

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

KAMMI Komisariat UGM

KAMMI Komisariat UGM adalah Gerakan yang Memegang Teguh Asas Islam dan Kerakyatan. Menolak Penindasan Manusia atas Manusia!

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Perindu Doa Rabithah

Terkadang Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa. Dewasa Menuju Pada Sebuah Kebaikan. Karena Kebaikan adalah Sebuah Proses Panjang yang Tak Bisa Kita Nilai Atas Apa yang Dilihat Hari ini

REKAYASA PERGERAKAN

Bergerak, Menginspirasi Selamanya

Rumus Kehidupan

Terinspirasi dan Menginspirasi dengan Ikhlas, just for ALLAH

Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Jurnal KAMMI Kultural

Referensi Pemikiran dan Ideologi KAMMI ::: POST-TARBIYAH ::: Corong Pembaharuan Gerakan Muda Islam Indonesia

Verba Volant, Scripta Manent

Berhati-hatilah terhadap asumsi, terkadang ia melukai hati, mematikan silaturahim

Alikta Hasnah Safitri

Menghaluskan Rasa, Menajamkan Pikir

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: