Qurban, Cinta dan Pemuda

Hari Jumat tanggal 26 Oktober yang lalu umat muslim sedunia merayakan hari raya Idul Adha. Pasca Sholat Id, seperti biasa kemudian dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban. Banyak kejadian yang diliput oleh media. Dari hewan kurban yang mengamuk hingga harus ditembak polisi, warga yang mengantri daging hewan kurban sampai dengan penipuan yang bermodus arisan hewan kurban di Medan.
Qurban merupakan salah satu syariat Islam yang dimulai sejak Nabi Ibrahim as. Seorang Nabi yang dikenal mempunyai kesabaran dan tingkat percaya yang tinggi terhadap apa yang diperintahkan Allah SWT bahkan beliau termasuk termasuk ulul azmi atau nabi-nabi yang mempunyai kesabaran yang luar biasa. Bahkan disaat syaitan kemudian menggoda sang Nabi untuk menghentikan sang Nabi sebanyak 3 kali hingga muncul perintah melempar jumrah sebagai wajib haji ibadah haji.

Ismail menunjukkan sosok pemuda yang luar biasa. Saat sang ayah bimbang, kemudian yang menguatkan untuk terus melakukan perintah Allah. Ismail menunjukkan perannya saat ditinggal sang ayah di gurun pasir bersama sang Ibu. Beliaulah yang kemudian mengelola mata air yang keluar di dekat kakinya saat masih kecil bersama sang Ibu yang bernama Siti Hajar. Dari daerah yang kering kerontang tidak berpenghuni kemudian dikelola sedemikian rupa hingga muncullah kota yang disebut Makkah dengan ka’bah dan mata air zam-zamnya. Ismail pula yang membersamai sang Ayah saat mendirikan bangunan ka’bah di Makkah.

Dari sosok Ismail kemudian akan muncul Nabi Muhammad sebagai pentup para nabi dengan kesempurnaan akhlaknya. Sampai-sampai kemudian ketika Aisyah ra. ditanya sahabat nabi bagaimana akhlak Rasulullah saw beliau menjawab akhlak Rasulullah adalah Al Quran. Pemimpin terbaik dengan dikelilingi sahabat-sahabatnya yang terbaik.

 

Qurban dan Sumpah Pemuda

Ahad tanggal 28 Oktober 2012, dua hari setelah Idul adha bertepatan dengan peringatan 84 tahun sumpah pemuda. Banyak acara yang dilakukan untuk menyambut momentum ini. Dari seminar nasional, diskusi publik, bakti sosial, aksi simpatik di jalan yang hampir semuanya berakhir dengan mengucapkan sumpah yang diucapkan 84 tahun lalu di saat konggres pemuda II bersama Soegondo Joyo Puspito. Ada pula yang merencanakan akan menambah 2 ayat sumpah pemuda.

Sumpah pemuda merupakan perwujudan bersatunya pemuda Indonesia dizamannya. Dari perjuangan yang terpisah-pisah kemudian bersatu menjadi satu dalam satu gerakan dan satu sumpah yang sama, sumpah pemuda. Bagaimana bisa mereka berbuat seperti itu bisa cukup 1 kata, cinta.
Cinta pula yang telah membuat sang Nabi Ibrahim rela untuk menyembelih sang anak walaupun sampai akhirnya sang anak digantikan dengan hewan kurban. Jika memang cinta maka kita harus membuktikan. Cinta terhadap negara merupakan salah satu bentuk cinta setelah cinta kepada Rabb, Rasulullah. Cinta pula yang kemudian membuat kita senantiasa menyiapkan yang terbaik untuk masa depan Indonesia. Maka sekarang sebagai generasi muda ada satu kalimat untuk kita semua yang merasa anak muda. “Kencangkan ikat sepatu, berlarilah!!! Bersiaplah dan kemudian saat kita dibutuhkan oleh Indonesia ini kita ada. Bersiaplah, karena kita tidak tau kapan kita dipanggil. Bersiaplah, karena momentum adalah pertemuan antara persiapan dan kesempatan (Rijalul Imam, Menyiapkan Momentum).

Terakhir, memang benar apa yang dikatakan Hasan Al Bana dalam buku Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin. “Sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkitan. Dalam setiap kebangkitan, pemuda merupakan rahasia kekuatannya “. Maka, bangkitkan rasa cintamu !

Ditulis tanggal Surakarta, 28 Oktober 2012
Zulfikar Ali Ahmad

Categories: Uncategorized | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

KAMMI Komisariat Djuanda

"Sejarah telah membuktikan peranan pemuda atau mahasiswa begitu penting dalam menggagas sebuah perubahan dalam suatu negara"

alqaan ilmi

kumpulan catatan kehidupan

Live to Write - Write to Live

We live to write and write to live ... professional writers talk about the craft and business of writing

The Thesis Whisperer

Just like the horse whisperer - but with more pages

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

KAMMI Komisariat UGM

KAMMI Komisariat UGM adalah Gerakan yang Memegang Teguh Asas Islam dan Kerakyatan. Menolak Penindasan Manusia atas Manusia!

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Perindu Doa Rabithah

Terkadang Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa. Dewasa Menuju Pada Sebuah Kebaikan. Karena Kebaikan adalah Sebuah Proses Panjang yang Tak Bisa Kita Nilai Atas Apa yang Dilihat Hari ini

REKAYASA PERGERAKAN

Bergerak, Menginspirasi Selamanya

Rumus Kehidupan

Terinspirasi dan Menginspirasi dengan Ikhlas, just for ALLAH

Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Jurnal KAMMI Kultural

Referensi Pemikiran dan Ideologi KAMMI ::: POST-TARBIYAH ::: Corong Pembaharuan Gerakan Muda Islam Indonesia

Verba Volant, Scripta Manent

Berhati-hatilah terhadap asumsi, terkadang ia melukai hati, mematikan silaturahim

Alikta Hasnah Safitri

Menghaluskan Rasa, Menajamkan Pikir

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: