Anak Indonesia: Harapan Perubahan Bangsa

Kau pribumi terpelajar! Kalau mereka, pribumi itu, tidak terpelajar, kau harus buat mereka jadi terpelajar dengan bahasa yang mereka tahu

(Pramoedya Ananta Toer)

 

Potret Pendidikan Indonesia Saat ini

Kurikulum, biaya dan fasilitas menjadi “segitiga bermuda” dunia pendidikan indonesia. Keadaan kurikulum indonesia yang hampir dapat dikatakan setiap tahunnya mengalami perubahan menyebabkan peserta didik kebingungan dengan arah kebijakan pemerintah, peserta didik menjadi sulit beradaptasi dengan pendidikan di indonesia, mereka terkesan dijadikan robot-robot pencetak nilai tanpa rasa karena beban yang terus ditambahkan hanya berfokus pada kemampuan akademik tanpa pengembangan kemampuan non akademik.

 

Sedangkan mahalnya biaya pendidikan terasa seperti alat penyaring tepung yang tak membiarkan anak-anak yang kurang mampu untuk merasakan manisnya masa-masa sekolah, yang ahirnya menyebabkan banyak anak yang merasa lebih baik bekerja daripada bersekolah karena dengan bekerja mereka memperoleh tambahan pendapatan untuk makan sedangkan sekolah malah mengurangi pendapatan mereka.

 

Kenyataan pahit selanjutnya adalah kondisi sekolah-sekolah dipedalaman, tembok yang retak dimana-mana, fasilitas sekolah yang sangat memprihatinkan, jumlah guru yang sangat minim dengan gaji yang tidak jelas menimbulkan pertanyaan, kemana larinya anggaran pendidikan sebesar 20% dalam APBN?.

 

Anak dan Perubahan Bangsa

Indonesia butuh perubahan! Kata yang selalu terdengar diteriakan banyak orang karena kejenuhan mereka dengan kondisi indonesia saat ini. dilihat dari kondisi pendidikan indonesia saat ini, maka perubahan tersebut harus dilakukan dari tingkat paling bawah, yaitu pendidikan untuk anak karena anak-anak indonesia adalah tunas-tunas baru yang siap dan mudah dibentuk menjadi pemimpin-pemimpin terbaik bangsa.

 

Integritas, kepekaan sosial, dan semangat melakukan perubahan adalah nilai-nilai yang harus tertanamkan dengan cara yang menyenangkan sejak masa kanak-kanak sehingga saat mereka dewasa, nilai-nilai ini telah mendarah daging pada diri mereka, dengan demikian masalah-masalah kronis bangsa seperti korupsi dan pelayanan publik yang buruk akan dapat teratasi dengan baik.

 

Pengabdian Mahasiswa

Sayangnya “segitiga” dunia pendidikan indonesia diatas menjadi hambatan terbesar berkembangnya potensi ynag dimiliki anak-anak indonesia, kemudian  ditengah permasalahan dunia pendidikan indonesia saat ini mahasiswa hadir layaknya tetesan air digurun pasir yang sangat dibutuhkan seorang manusia, seperti yang tertulis dalam tridarma perguruan tinggi, pengabdian masyarakat menjadi salah satu tugas utama mahasiswa.

 

Setidaknya ada 3 hal penting yang dapat dilakukan oleh mahasiswa:

Menjadi donatur tetap, bagi mahasiswa yang memiliki kelebihan ekonomi, menjadi donatur tetap dapat membantu anak-anak indonesia yang tidak dapat bersekolah karena terkendala masalah biaya, bahkan bantuan dana tersebut dapat juga dipergunakan untuk perbaikan dan penambahan fasilitas sekolah.

 

Menjadi relawan, permasalahan minimnya tenaga pengajar disuatu daerah khususnya daerah pelosok di indonesia dapat teratasi jika banyak mahasiswa yang mau menjadi relawan pengajar didaerah tersebut, selain itu kejenuhan anak-anak karena beban kurikulum pendidikan indonesia pun akan dapat dikurangi karena jiwa pemuda yang dimiliki mahasiswa menuntutnya mengajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

 

Menjadi komunikator, tidak hanya dapat menjadi donatur dan relawan saja, tapi mahasiswa juga dapat menjadi seorang komunikator, mahasiswa dapat menceritakan dan memberitahukan pentingnya peran seorang mahasiswa dalam upaya menciptakan perubahan.

Anak-anak indonesia adalah harapan adanya perubahan positif di negeri ini, tapi mereka tidak dapat melakukannya seorang sendiri, tugas kita sebagai mahasiswa untuk membantu anak-anak indonesia melakukan perubahan bagi negerinya.

 

~mari mengabdi untuk Indoneisia yang lebih baik~

 

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

KAMMI Komisariat Djuanda

"Sejarah telah membuktikan peranan pemuda atau mahasiswa begitu penting dalam menggagas sebuah perubahan dalam suatu negara"

alqaan ilmi

kumpulan catatan kehidupan

Live to Write - Write to Live

We live to write and write to live ... professional writers talk about the craft and business of writing

The Thesis Whisperer

Just like the horse whisperer - but with more pages

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

KAMMI Komisariat UGM

KAMMI Komisariat UGM adalah Gerakan yang Memegang Teguh Asas Islam dan Kerakyatan. Menolak Penindasan Manusia atas Manusia!

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Perindu Doa Rabithah

Terkadang Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa. Dewasa Menuju Pada Sebuah Kebaikan. Karena Kebaikan adalah Sebuah Proses Panjang yang Tak Bisa Kita Nilai Atas Apa yang Dilihat Hari ini

REKAYASA PERGERAKAN

Bergerak, Menginspirasi Selamanya

Rumus Kehidupan

Terinspirasi dan Menginspirasi dengan Ikhlas, just for ALLAH

Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Jurnal KAMMI Kultural

Referensi Pemikiran dan Ideologi KAMMI ::: POST-TARBIYAH ::: Corong Pembaharuan Gerakan Muda Islam Indonesia

Verba Volant, Scripta Manent

Berhati-hatilah terhadap asumsi, terkadang ia melukai hati, mematikan silaturahim

Alikta Hasnah Safitri

Menghaluskan Rasa, Menajamkan Pikir

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: