Pancasila dan Cita-Cita Kepemimpinan Indonesia

1 Juni menjadi salah satu hari bersejarah untuk bangsa indonesia, karena tanggal ini  menjadi tanggal dari lahirnya dasar negara indonesia yaitu pancasila, dasar ditetapkannya 1 juni sebagai hari lahir pancasila karena pada tanggal 1 juni 1945 pertama kalinya konsep tentang pancasila diperkenalkan oleh bapak proklamator kita, Ir. Soekarno pada pidato gagasan tentang dasar negara yang disampaikan didalam sidang badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan (BPUPK) yang kemudian badan ini berubah nama menjadi badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI).

Banyak terjadi perubahan-perubahan dalam perumusan pancasila sejak tanggal 1 juni 1945 hingga tanggal 18 agustus 1945 terutama dalam hal pemilihan kata yang tentu saja dapat merubah makna dari nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, hingga ahirnya isi pancasila yang disepakati berbunyi: ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Membicarakan sejarah pancasila tentu akan mengembalikan ingatan kita pada TAP No. II/MPR/1978 tentang eka prasetia pancakarsa atau pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila (P4), yang jika kita perhatikan point-point penjabarannya, khususnya pada sila keempat yaitu sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dan permusyawarahan perwakilan, yang ternyata dapat kita artikan bahwa sila ini adalah sifat-sifat sosok pemimpin yang diharapkan ada oleh pancasila, yaitu sifat-sifat seperti mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat, tidak memaksakan kehendak terhadap orang lain, mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan, dengan itikat yang baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah, musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur, keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan.

Kerinduan akan sosok sifat-sifat seorang pemimpin diataslah yang dirasakan oleh rakyat indonesia saat ini, semoga pemimpin indonesia kedepan adalah seorang pemimpin yang memenuhi sifat-sifat kepemimpinan diatas, mari memulainya dari diri kita sendiri karena perubahan besar negara ini dimulai dari diri kita sebagai warganegaranya.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

KAMMI Komisariat Djuanda

"Sejarah telah membuktikan peranan pemuda atau mahasiswa begitu penting dalam menggagas sebuah perubahan dalam suatu negara"

alqaan ilmi

kumpulan catatan kehidupan

Live to Write - Write to Live

We live to write and write to live ... professional writers talk about the craft and business of writing

The Thesis Whisperer

Just like the horse whisperer - but with more pages

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

KAMMI Komisariat UGM

KAMMI Komisariat UGM adalah Gerakan yang Memegang Teguh Asas Islam dan Kerakyatan. Menolak Penindasan Manusia atas Manusia!

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Perindu Doa Rabithah

Terkadang Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa. Dewasa Menuju Pada Sebuah Kebaikan. Karena Kebaikan adalah Sebuah Proses Panjang yang Tak Bisa Kita Nilai Atas Apa yang Dilihat Hari ini

REKAYASA PERGERAKAN

Bergerak, Menginspirasi Selamanya

Rumus Kehidupan

Terinspirasi dan Menginspirasi dengan Ikhlas, just for ALLAH

Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Jurnal KAMMI Kultural

Referensi Pemikiran dan Ideologi KAMMI ::: POST-TARBIYAH ::: Corong Pembaharuan Gerakan Muda Islam Indonesia

Verba Volant, Scripta Manent

Berhati-hatilah terhadap asumsi, terkadang ia melukai hati, mematikan silaturahim

Alikta Hasnah Safitri

Menghaluskan Rasa, Menajamkan Pikir

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: