Silence Is Betrayal

Oleh : Chaerunisa *

 “Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Seorang penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya dan bertanggung jawab atas mereka…”

Negeri khatulistiwa. Ya, negeri ini memang kaya dengan sumber daya alamnya. Sebagai contoh antara lain keanekaragaman flora dan fauna, populasi, latar belakang sejarah, dan masih banyak lagi kekayaan yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Namun sayangnya, fakta ini belum bisa meratakan kemakmuran masyarakat secara optimal.  Selain itu lebih dari setengah abad atau tepatnya 67 tahun Indonesia merdeka secara de facto dan de jure dan seharusnya ini menjadi usia dimana masyarakat Indonesia mampu menyukseskan pembangunan nasional secara mandiri. Disinilah dibutuhkan sosok seorang pemimpin yang mampu menyukseskan pembangunan nasional tanpa dipengaruhi pihak asing dan meratakan kemakmuran masyarakat yang kian hari semakin tak karuan. Sosok pemimpin yang bertanggung jawab atas rakyatnya lah yang dibutuhkan saat ini

Pada kalimat di paragraf pertama tergambar bahwa definisi dari pemimpin yang sebenarnya adalah orang yang bertanggung jawab dengan orang-orang yang berada di bawah pimpinannya. Seorang pemimpin harus mempunyai karakter yang melekat kuat pada dirinya. Tanpa karakter, seorang pemimpin hanyalah seonggok manusia tak berdaya yang menjadikan dirinya perahu yang terombang-ambing di deburan ombak lautan. Ditinjau dari segi bahasa, karakter adalah kepribadian yang membedakan seseorang dari orang lain dan bersifat relatif tetap. Seorang pemimpin yang berkarakter  bisa  mempengaruhi lingkungannya.

Dalam suatu telaah terhadap 100 tokoh yang berpengaruh di dunia, Muhammad Saw diakui sebagai tokoh yang menduduki peringkat pertama di dunia. Kedudukan beliau di peringkat pertama dapat dilihat dari berbagai aspek, misalnya saja sudut kepribadian, jasa-jasa dan prestasi beliau dalam menyebarkan agama Islam yang tentunya memberikan pengaruh yang banyak pada orang banyak. Dalam tulisan ini, saya menjadikan Nabi Muhammad sebagai contoh figur pemimpin yang ideal. Kepribadian Muhammad Saw yang patut dijadikan contoh adalah ketangguhan beliau untuk menjadi pribadi yang tidak dipengaruhi keadaan masyarakat di sekitarnya. Aspek kepribadian yang menonjol pada dirinya adalah kejujuran, hal ini ditunjukkan dengan gelar al amiin  (orang yang dipercaya). Kepribadian seperti itu merupakan landasan yang kokoh bagi seorang pemimpin, karena bermakna juga sebagai seseorang yang memiliki prinsip hidup dan kokoh memegang suatu prinsip dalam menjalani kehidupannya.

Kepribadian yang mulia, membuat Muhammad Saw menjadi seorang leader dan manajer yang handal. Seorang leader selalu tampil di muka, menampilkan keteladanan, dan kharisma yang mampu mengarahkan, membimbing dan menjadi panutan. Dalam konteks ini, seorang pemimpin harus tampil di muka karena pemimpin yang akan menjadi panutan atau teladan bagi orang yang dipimpinnya, sehingga pengikutnya juga bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, Muhammad Saw selalu sabar mengahadapi musuh-musuhnya, sehingga kisah tersebut bisa dijadikan pelajaran bagi pengikutnya. Muhammad Saw dikatakan sebagai manajer yang handal karena beliau pandai dalam mengatur perencanaan, menjalani, memimpin, dan mengawasi dengan baik. Dalam sebuah penyusunan strategi, beliau selalu merencanakan dengan matang sampai sedetail-detailnya. Sebagai pemimpin strategi, beliau juga eksekutor strategi yang handal. Beliau juga memberikan contoh bagaimana seorang pemimpin dapat menjalani tugasnya dengan baik dan tidak hanya terucap di mulut saja, seperti kebanyakan pemipmpin di jaman sekarang.

Seorang pemimpin yang baik haruslah berpikiran, bersikap dan berkata benar. Artinya adalah dalam kepemimpinan seorang pemimpin dituntut untuk berani mengambil keputusan dan memerintah dengan benar. Pemimpin yang berpegang teguh pada kebenaran akan disegani, dihormati, dan dipatuhi oleh rakyatnya karena rakyatnya akan percaya kepadanya dalam setiap kebijakan dan peraturan yang diputuskan. Kasus korupsi marak terjadi di negeri kita adalah salah satu contoh akibat dari pemimpin yang tidak jujur sehingga hal ini dapat mengakibatkan rakyat tidak percaya lagi pada pemimpinnya dan terjadi ketidakadilan di pemerintahannya. Namun beda halnya jika seorang pemimpin mencintai kebenaran, maka dia juga akan mencintai keadilan dan kasus korupsi tidak akan terjadi.  Contohnya saja jika seorang pemimpin yang jujur, ketika melihat ketidakjujuran dalam suatu peristiwa, maka dia akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan mengambil kebijakan yang adil seperti menghukum orang yang bersalah walaupun mereka adalah keluarga atau kerabat dekatnya dan tidak menerima suap. Pemimpin yang mencintai kebenaran, keadilan dan kejujuran, akan menaruh perhatian besar terhadap nasib dan kepentingan orang yang dipimpinnya serta tidak akan berlaku semena-mena. Pemimpin yang seperti ini akan selalu dirindu rakyatnya karena keadilannya dan akan selalu dekat serta mengetahui suka dan duka orang-orang yang dipimpinnya.

Sifat lainnya yang melekat pada Muhammad adalah amanah (dapat dipercaya). Artinya adalah seorang pemimpin harus mampu memelihara kepercayaan dengan merahasiakan sesuatu yang harus dirahasiakan dan menyampaikan apa yang harus disampaikan. Sesuatu yang harus disampaikan bukan untuk dirubah, dikurangi atau ditambahi namun disinilah esesi dari ke-orisnal-an atau kebenaran suatu peristiwa atau hal yang lainnya. Selain itu pemimpin berusaha menempatkan dirinya sebagai anggota atau bagian dari anggota lainnya. Disinilah pentingnya peran saling mempercayai antara pemimpin dan anggota organisasinya. Pemimpin yang dipercaya, mampu mempercayai orang lain, dan memiliki kepercyaan diri merupakan pemimpin yang bertanggung jawab. Pemimpin tidak suka menyalahkan orang laindengan maksud lari dari tanggung jawab. Dengan demikian, pemimpin yang dapat dipercaya adalah orang yang mampu melaksanakan tugas dan pekerjaanya dengan baik serta mempunyai kedudukan yang spesial di hati rakyatnya.

Fathanah. Ya, seorang pemimpin haruslah pandai. Bisa dibayangkan kalau seorang pemimpin yang bodoh, maka ia akan dengan mudah dipengaruhi, dan mudah ditipu orang lain. Pemimpin yang cerdas akan mampu memberikan petunjuk, nasihat, bimbingan, nasihat dan arahan bagi rakyatnya. Selain itu, sifat cerdas yang dimiliki pemimpin dapat memberikan keputusan yang bijak dengan meminimalisir resiko yang akan dihadapi. 

Kecerdasan dengan pengetahuan yang memadai, akan mengantarkan seseorang menjadi pemimpin yang berpandangan luas. Kita adalah  manusia yang dikaruniakan akal oleh Allah Swt, sehingga kita wajib untuk menggunakannya untuk memimpin. Dengan mengembangkan pikirannya, berarti manusia akan memperoleh pengetahuan, yang jika diintensifkan maka akan berkembang menjadi keterampilan dan keahlian yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan kepemimpinan yang efektif.

Dengan karakter yang kuat, seorang pemimpin dapat membuat pemerintahannya sebagai pemerintahan yang kokoh karena dia dapat memegang teguh prinsip hidupnya. Namun terbesit sebuah tanda tanya besar di benak saya “Adakah sosok pemimpin seperti Nabi Muhammad? Yang perangainya dapat menjadi pengaruh hampir di seluruh umat di dunia? Dan masih adakah api semangat anak-anak muda generasi penerus bangsa yang akan merubah negeri ini menjadi lebih baik?” . Jawabannya adalah “Ya! Kita pasti bisa!.”  Sudah menjadi kewajiban kita umat manusia yang disebut-sebut sebagai khalifah  di bumi untuk menjadikan negerinya damai, aman dan sentosa. Sudah menjadi tugas kita generasi muda untuk mewujudkan hal ini menjadi kenyataan. Mulai lah untuk  mendidik diri kita sendiri menjadi sosok pemimpin yang akan membawa  negeri ini menjadi lebih makmur, gemah ripah loh jinawi, mulailah bergerak untuk menjadi panutan yang memiliki follower terbanyak, dan jangan lupa untuk menjadikan diri ini lebih bermanfaat untuk orang lain .

Ketika negeri ini gaduh oleh suara politisi jahat, ketika negeri ini gaduh oleh tangisan anak-anak kecil yang kelaparan dan ketika negeri ini gaduh oleh teriakan rakyat miskin, dan apakah kalian akan bungkam? Silence is betrayal.. Ya, diam adalah sebuah pengkhianatan. Pengkhianatan kepada orang-orang yang tersakiti dan disakiti. Pengkhianatan kepada negeri yang memang selayaknya dibela hak nya.  Pengkhianatan kepada para pahlawan yang sudah merebut kemerdekaan Indonesia. Serta pengkhianatan kepada diri sendiri, karena kita sudah sepantasnya untuk bersuara.

Bersuaralah atau negeri ini akan jatuh kepada para bedebah. Jika ada 1000 pasukan, maka aku berada diantara mereka. Jika ada 100 pasukan, maka aku termasuk mereka. Jika ada 10 pasukan, maka aku juga termasuk mereka. Dan jika hanya ada 1 pasukan, maka dia adalah aku.

 

*Kader KAMMI Shoyyub UNS-Mahasiswi Pendidikan Kimia FKIP UNS 2011

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

KAMMI Komisariat Djuanda

"Sejarah telah membuktikan peranan pemuda atau mahasiswa begitu penting dalam menggagas sebuah perubahan dalam suatu negara"

alqaan ilmi

kumpulan catatan kehidupan

Live to Write - Write to Live

We live to write and write to live ... professional writers talk about the craft and business of writing

The Thesis Whisperer

Just like the horse whisperer - but with more pages

KAMMI MADANI

Terus Berkarya dan Menginspirasi

KAMMI Komisariat UGM

KAMMI Komisariat UGM adalah Gerakan yang Memegang Teguh Asas Islam dan Kerakyatan. Menolak Penindasan Manusia atas Manusia!

Life Fire

Man Jadda Wajada | Dreams will be achieved when we truly believe in our heart ˆ⌣ˆ

Perindu Doa Rabithah

Terkadang Melalui Dosa Kita Bisa Dewasa. Dewasa Menuju Pada Sebuah Kebaikan. Karena Kebaikan adalah Sebuah Proses Panjang yang Tak Bisa Kita Nilai Atas Apa yang Dilihat Hari ini

REKAYASA PERGERAKAN

Bergerak, Menginspirasi Selamanya

Rumus Kehidupan

Terinspirasi dan Menginspirasi dengan Ikhlas, just for ALLAH

Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Jurnal KAMMI Kultural

Referensi Pemikiran dan Ideologi KAMMI ::: POST-TARBIYAH ::: Corong Pembaharuan Gerakan Muda Islam Indonesia

Verba Volant, Scripta Manent

Berhati-hatilah terhadap asumsi, terkadang ia melukai hati, mematikan silaturahim

Alikta Hasnah Safitri

Menghaluskan Rasa, Menajamkan Pikir

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: